Tuesday, February 10, 2015

TIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK



TIPS  UNTUK MENINGKATKAN  KECERDASAN OTAK

Ahmadsains.com Kecerdasan adalah  tingkat berfikir seesorang dengan yang lainnya, setiap orang mempunyai  kapasitas otak  yang sama, namun mereka  punya cara sendiri untuk   mengembangkannya, terutam adalah bimbingan dari kedua orang tua itu adalah hal  yang sangat utam, bagi para  orang tua disinisaya akan memberikan ilmu dan tips cara mencerdaskan otak agar bias diterapkan dalam pembiaan pendidikan dalam keluarga. karena  faktor pertama dalam pengembangan otak seseorang di awali  dari lingkungan  keluarga nya, bagai mana sikaf ayah, ibu dan keluarga untuk menuntunnya, tips tips ini semoga bermanfaat  untuk semua pembaca.

1. Bermain game otak

Permainan puzzles seperti sudoku dan teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan menghambat penurunan kemampuan kognitif. Meskipun demikian, para ahli masih belum dapat menjelaskan sebabnya. Menurut Dr Marcel Danesi, penulis buku Extreme Brain Workout, bermain permainan otak mengaktifkan hantaran rangsang pada semua area pada otak, termasuk ingatan.

2. Makan makanan yang tepat
Menurut Dr Gary Small, direktur Klinik Memori di University of California Los Angles, makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayur dan buah dapat mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas. Dia juga menekankan pada karbohidrat berglikemik rendah seperti oatmeal dan gandum utuh, dan apa pun yang mengandung asam lemak omega-3. Faktanya, para ahli saraf menemukan, orang yang kurang mengonsumsi asam lemak omega-3 rata-rata memiliki kualitas otak yang lebih "tua" dalam hasil pemindaian otaknya dibandingkan mereka yang cukup.

3. Hentikan multitasking
Pada dasarnya otak manusia tidak mampu melakukan multitasking pada banyak hal yang dikerjakannya. Sebaliknya, otak hanya mampu melakukan sebuah aktivitas dan beralih ke aktivitas lainnya setelah selesai. Dengan melakukan multitasking, otak akan terbebani dan mudah melupakan apa yang sedang dilakukan sebelumnya.

4. Pelajari hal-hal baru
Sebuah studi asal Swedia menemukan, orang dewasa yang mempelajari bahasa baru cenderung lebih mudah menghafal nama. Hal ini ternyata juga berlaku untuk kemampuan-kemampuan baru seperti menjahit ataupun bermain ski, ujar para peneliti.

5. Cukup tidur
Para peneliti dari University of Pennsylvania menemukan, tidur hanya tiga hingga empat jam dalam sehari dapat melemahkan ingatan. Dan studi dalam jurnal Nature melaporkan, untuk mencegah penurunan kemampuan otak dibutuhkan tidur berkualitas yang panjang. Mereka pun merekomendasikan untuk tidur delapan jam atau lebih setiap harinya.

Jika kita  mengikuti  langkah langkah tersebut dan di terapkan setiap  hari ingsya allah perkembangan otak kita mengalami perubahan , untuk bias  meningkatkan perkembangan otak lagi hal yang mesti kita ketahui  adalah, pergaulan  dan lingkungan, jadi  jaga selalu  lingkungan karena iniadalah factor utama.

Artikel Terkait

TIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email