Monday, March 9, 2015

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN



Ahmadsains.com
A - pa itu metodologi penelitian?
Metodologi penelitian adalah suatu metode ilmiah yang berarti langkah atau prosedur dalam yang terstruktur dan sistematis untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah atau ilmu. Dalam metode ilmiah ini terdapat bebrapa tahapan kerja seperti adanay kebutuhan objektif, perumusan masalah, pengumpulan teori, perumusan hipotesis, pengumpulan data dan informasi, menganalisa data-data, dan penarikan kesimpulan.

Macam-macam Metode Penelitian
Berdasarkan bentuk penelitian, tujuan, sifat masalah dan pendekatan maka dapat dikelompokan menjadi empat jenis yaitu:
1.    Metode Percobaan
Metode eksperimen adalah metode penelitian untuk menguji apakah variabel-variabel percobaan efektif atau tidak Untuk menguji efektif tidaknya harus digunakan variabel kontrol. Penelitian percobaan adalah untuk menguji hipotesis yang dirumuskan secara ketat. Penelitian ini biasanya dilalukan untuk bidak bersifat eksak. Sedangkan untuk bidang sosial biasanya digunakan untuk metode survei eksplanatory, metode deskriptif dan historis.

2.    Metode Verifikasi
Metode verifikasi adalah metode yang digunakan untuk menguji seberapa jauh tujuan yang sudah digariskan itu tercapai atau sesuai yang cocok dengan harapan atau teori yang sudah baku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teori-teori yang sudah ada guna menyusun teori baru dan menciptakan pengetahuan baru. Metode ini berkembang menjadi grounded research, yaitu metode yang  menyajikan suatu pndekatan baru dengan data sebagai sumber teori.

3.    Metode Deskriptif
Metode deskriptif adalah metode yang mendeskripsikan guna mencari unsur-unsur, ciri-ciri, sifat-sifat suatu fenomena . metode ini dimulai dengan pengumpulan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Metode ini dalam pelaksanaannya dilakukan melalui teknik survey, studi kasus (bedakan dengan suatu kasus), studi komparatif, studi tentang waktu gerak, analisis tingkah laku, dan analisis dokumenter.

4.    Metode Historis
Metode historis ini adalah metode rekonstruksi, yaitu yang meneliti suatu yang terjdi di masa lampau. Dalam penerapannya metode ini dapat dilakukan dengan suatu bentuk studi yang bersifat komparatif-historis, yuridis dan bibliografik, penelitian ini bertujuan untuk menemukan generalisasi dan membuat rekonstruksi masa lampau, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta mensintesiskan bukti bukti untuk menegakkan fakta-fakta dan bukti-bukti guna memperoleh kesimpulan yang kuat.


Langkah-langkah penelitian

Mengidentifikasi,  memilih dan merumuskan masalah  menyusun kerangka pemikiran  merumuskan hipotesis  menguji hipotesis secara empirik  melakukan pembasan  menarik Kesimpulan

Artikel Terkait

METODOLOGI PENELITIAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email