Saturday, June 1, 2013

Teori Partikel Tuhan ( god particle theory )

                                                                   Teori   Partikel Tuhan 
 
 Sebenarnya apasih yang di sbut dengan partikel tuhan  setiap orang memibicarakan tentang ini,  apakah kebenarnya itu real, mari kita coba bahas ya,
Sebuah partikel baru ditemukan ditemukan di pukulan keras atom terbesar di dunia tahun lalu memang boson Higgs, yang berpikir untuk memainkan peran dalam bagaimana partikel subatomik lain mendapatkan massa mereka, para ilmuwan melaporkan pada  konferensi de Moriond di Italia . 
Fisikawan mengumumkan pada tanggal 4 Juli, 2012 yang, dengan lebih dari 99 persen kepastian, mereka telah menemukan partikel elementer baru dengan berat sekitar 126 kali massa proton yang bisa menjadi lama dicari Higgs boson. The Higgs kadang-kadang disebut sebagai "partikel Tuhan," yang kecewa dari banyak ilmuwan,
Tapi dua eksperimen, CMS dan ATLAS, belum mengumpulkan cukup data untuk mengatakan partikel itu, pasti, boson Higgs, potongan terakhir dari teka-tekiStandar, teori memerintah dari fisika partikel.
Sekarang, setelah mengumpulkan dua setengah kali lebih banyak data dalam Large Hadron Collider - di mana proton zip mendekati kecepatan cahaya sekitar ring 17-mil-round (27-kilometer-round) bawah tanah di bawah Swiss dan Perancis - fisikawan mengatakan partikel adalah "boson Higgs." Tapi mereka belum bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa Higgs boson lainnya ada juga. [Dalam Foto: Mencari Higgs Boson]
"Hasil awal dengan set 2.012 data lengkap yang megah dan bagi saya itu adalah jelas bahwa kita berhadapan dengan boson Higgs, meskipun kami masih memiliki jalan panjang untuk pergi untuk mengetahui apa jenis Higgs boson itu," CMS juru bicara Joe Incandela mengatakan dalam sebuah pernyataan.
ATLAS juru bicara Dave Charlton setuju, mengatakan bahwa hasil baru "menunjuk ke partikel baru yang memiliki spin-paritas dari boson Higgs seperti dalam Model Standar." Dalam fisika partikel, "berputar" mengacu pada properti kuantum partikel dasar dan tidak rotasi fisik yang sebenarnya.
Untuk mengkonfirmasi partikel sebagai memiliki karakteristik boson Higgs, fisikawan yang dibutuhkan untuk mengumpulkan ton data yang akan mengungkapkan sifat kuantum serta bagaimana berinteraksi dengan partikel lainnya. Misalnya, partikel Higgs seharusnya tidak berputar, dan paritas, atau ukuran bagaimana bayangannya berperilaku, harus positif, yang keduanya didukung oleh data dari percobaan ATLAS dan CMS.
Pendapat Para Ilmuwan Fisika
Para ilmuwan tidak yakin apakah ini Higgs boson adalah partikel tunggal diprediksi oleh Model Standar atau mungkin yang paling ringan dari boson beberapa diprediksikan ada teori lain. 

Melihat bagaimana meluruh partikel ini menjadi partikel lain bisa membiarkan fisikawan tahu apakah ini Higgs adalah "plain vanilla" Standard Model Higgs. Mendeteksi Higgs boson jarang, dengan hanya satu diamati untuk setiap 1 triliun proton-proton tabrakan. Dengan demikian, para fisikawan LHC mengatakan mereka membutuhkan data lebih banyak untuk memahami semua cara di mana meluruh Higgs.
Dari apa yang diketahui tentang partikel sekarang, fisikawan mengatakan Higgs boson bisa mengeja azab alam semesta di masa depan sangat jauh. Itu karena massa boson Higgs adalah bagian penting dari perhitungan yang menandakan masa depan ruang dan waktu. Massanya dari 126 kali massa proton hanya tentang apa yang akan diperlukan untuk menciptakan alam semesta sedikit stabil yang bisa berkedip dari keberadaan dalam miliaran bencana tahun dari sekarang.
"Perhitungan ini memberitahu Anda bahwa puluhan miliaran tahun dari sekarang akan ada bencana," kata Joseph Lykken, seorang ahli fisika teoritis di Fermi National Accelerator Laboratory di Batavia, Illinois, bulan lalu pada pertemuan tahunan American Asosiasi untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan.
"Mungkin alam semesta yang kita tempati adalah inheren tidak stabil, dan di beberapa titik miliaran tahun dari sekarang itu semua akan mendapatkan disapu bersih," tambah Lykken, kolaborator pada percobaan CMS.

 bagaimana Alam Semesta Bisa Terbentuk Sampai Bisa Seperti Sekarang Ini ?

  Memang para ahli sudah sepakat bahwa alam semesta terbentuk akibat peristiwa “Big Bang” tapi mereka belum benar-benar memahami bagaimana dan mengapa alam semesta bisa berkembang seperti sekarang ini. Dengan mesin LHC bisa diketahui apa yg terjadi [b]sepersejuta detik[/] setelah big bang terjadi.
Para ahli berharap akan bisa melihat partikel paling eksotis yaitu “Partikel Higg Boson” atau populer disebut dengan “Partikel Tuhan”. Mereka sdh punya dugaan sendiri tapi para ahli juga berharap pada apa yg “tidak terduga”.
Macam Apa Alam Semesta Kita Ini ?
Banyak ahli fisika yg percaya bahwa alam semesta kita tidak hanya terdiri dari 3 dimensi (ruang dan waktu) seperti yg kita pahami saat ini. Bahkan ada yg menyatakan bahwa alam semesta sebenarnya terdapat 10 Dimensi.
Dimana anti-materi berada ?
Big Bang menghasilkan “materi” (zat) dan anti-materi dengan jumlah yg sama, tetapi kita hanya bisa melihat “materi” saja. Apa yg terjadi dengan anti-materi ? Dengan percobaan LHC bisa dipelajari perbedaan yg hampir tidak terlihat antara partikel materi dan anti-materi tersebut.
 “Large Hadron Collider adalah cincin “Akselerator Partikel” dan “Atom-Smasher” raksasa yg dibuat oleh Badan Riset Nuklir Eropa (CERN) dengan panjang keliling 27 km yg terletak pd kedalaman 175 meter dibawah tanah. Dibangun diantara perbatasan Perancis dan Swiss, cincin itu sendiri terdiri dari 9300 kumparan magnet superkonduktif dengan berat berton-ton yg dirangkai seperti sosis dan kemudian didinginkan dengan sekitar 96 ton helium cair.
Sampai saat ini Proyek LHC melibatkan sekitar 7000 org Ahli Fisika Partikel (hampir separo dari semua ahli fisika partikel di seluruh dunia) dari 80 negara dan telah menghabiskan biaya sekitar USD 5,8 miliar (sekitar Rp 53,3 triliun). Dan direncanakan pada bulan Agustus ini mesin tersebut mulai dinyalakan.

Kenapa Partikel Memiliki Massa ?
Partikel cahaya atau Photon tidak memiliki massa. Sedangkan partikel zat lain seperti elektronquarks memiliki massa dan para ahli fisika tidak tahu pasti kenapa bisa begitu. dan

Terbuat Dari Apakah Alam Semesta Kita Ini ?
Para ahli hanya mengetahui 4% materi yang menyusun alam semesta kita sedangkan 96% masih merupakan air .Selain dari itu seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta ini pasti membutuhkan air dalam kehidupan mereka. Hal itu membuktikan bahwa air adalah sumber dari segala kehidupan. Tak ada satupun makhluk hidup yang ada di dunia ini yang tidak membutuhkan air karena sebagaiamnan termaktub dalam al-quran bahwa dari air lah segala sesuatu itu di ciptakan.

misteri besar yg populer disebut  dark energy ?
Teori dari “Super Simetri” berpendapat bahwa semua partikel yg tercipta di alam semesta mempunyai ’super-partner” sendiri-sendiri. Kalau super-partner ini ada LHC akan mampu mendeteksinya dan mungkin bisa menjelaskan mistery terbesar alam semesta – Dark Matter“Partikel Supersimetris “. 

                                               "selamat membaca semoga bermanfaat kawan"

Artikel Terkait

Teori Partikel Tuhan ( god particle theory )
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email